Kesan Kekurangan Zat

 Assalammualikum dan Hi Everyone^^

Ada beberapa kesan yang memperlihatkan anda kekurangan zat. Peka terhadap tubuh adalah salah satu cara anda untuk menjaga kesihatan tubuh. Lalu apa kesannya jika tubuh badan kurang zat?

Keletihan
Saat tubuh kekurangan zat besi (iron), kita akan menjadi mudah lelah, lesu, susah menumpukan perhatian, tidak ada nafsu makan, serta munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Zat besi diperlukan tubuh untuk membuat sel darah merah, komponen yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Seorang wanita disarankan mengambil 14,8 mg zat besi dan 8,7 mg untuk lelaki
Sumber terbaik zat besi antara lain daging merah, sayuran berdaun hijau, dan telur. Vitamin C membantu penyerapan zat besi.

Gatal-gatal
Rasa gatal pada kulit bisa menjadi tanda tubuh kekurangan mineral zinc. Tanda lainnya adalah luka yang susah sembuh dan bintik bintik putih pada kuku. Zinc membantu membuang karbon dioksida dari tubuh dan kita perlukan untuk penyembuhan luka.
Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan hasil kajian menunjukkan sepertiga populasi global kekurangan zinc. Makanan yang mengandung zat kimia phytates juga perlu diwaspadai kerana menghalang penyerapan semasa kita mengambil suplemen zinc atau makanan kaya zinc. Zinc terdapat dalam kacang-kacangan, biji-bijian, ikan laut dan daging merah. Tiram juga termasuk dalam makanan yang kaya akan zinc.
Nyeri di bahagian lidah
Gejala kekurangan vitamin B12 (riboflavin) adalah hujung bibir luka, lidah sakit, rasa panas pada mata seperti terbakar, kelelahan, gangguan penglihatan, serta anemia. Kekurangan vitamin B12 paling sering terjadi pada mereka yang banyak minum kopi, pengguna ubat penenang.
Sumber terbaik vitamin riboflavin adalah susu dan olahannya, hati, daging, ragi bir, kuning telur, unggas, ikan, gandum, dan bayam.

Sering sakit Selenium merupakan antioksidan yang sanggup mencegah virus-virus berbahaya dan sel penyebab kanser. Jika tubuh kekurangan mineral ini maka sistem imun menurun sehingga lebih mudah sakit dan berisiko besar menderita kanser.
Sumber selenium adalah bawang putih, kubis,  lobak, brokoli, hati, kerang, ikan tuna, salmon


Rasa Cemas (Hot Flushes)
Enzim-enzim di dalam tubuh yang menjana tenaga memerlukan magnesium untuk melakukan fungsinya. Itu sebabnya kekurangan magnesium dapat membuat kita merasa letih sepanjang waktu. Magnesium juga diperlukan untuk transmisi impuls saraf,pergerakan otot dan suhu tubuh. Kekurangan mineral ini juga menyebabkan kita mudah marah, serta cemas.
Sumber utama mineral ini terdapat pada kacang kuda, almond, kacang-kacangan, tiram, tahu, gandum, kulit padi, sayuran hijau berdaun

.
Kelumumur dan kulit bersisik
Munculnya kelumumur di rambut, kulit bersisik, sering sakit dan mudah kena flu, merupakan tanda-tanda tubuh kekurangan vitamin A(Beta Carotene). Vitamin A memiliki fungsi melawan infeksi, meningkatkan fungsi penglihatan dan menjaga kesehatan kulit.
Sumber vitamin A adalah berasal dari kentang, tembikai, betik, aprikot, brokoli, labu, bayam, kangkung, semangka, minyak ikan, susu, dan masih banyak lagi.


Pastikan badan kita sihat agar kehidupan ceria dapat dilalui bersama keluarga tersayang.^^ 

0 comments:

Post a Comment